Senin, 14 Maret 2011

Kerja Keras Bernuansa Ibadah

   Tips Bekerja Keras Bernuansa Ibadah

     Beberapa tips yang bisa kita gunakan dalam bekerja sesuai tuntunan islam antara lain :
  1. Niat yang kuat dan lurus. Tanamkan dilubuk hati kita bahwa kita bekerja keras bukan untuk kebaikan diri sendiri tapi juga untuk orang lain, keluarga, teman dan lain  sebagainya. Niat yang baik adalah sebagian dari keberhasilan kerja keras kita. Niatkanlah kerja keras kita sebagai implementasi dalam mengikuti segala perintah-Nya.
  2. Mulailah dari hal-hal yang kecil. Mulailah dari sesuatu hal yang kecil yang kita sukai yang membuat kita tergugah untuk bekerja keras. Dari yang kecil inilah perlahan-lahan akan mencapai hasil yang besar.
  3. Ibda Binafsik” (Memulai dari diri sendiri). Mulailah segala hal dari diri kita sendiri dan bukan orang lain yang menyuruhnya. Misalnya : kalau kita seorang pemimpin maka kita emmberi contoh bagaimana kerja yang baik kepada bawahan dan kita sendiri. Bukan sekedar memerintah tapi dengan memulai dari diri sendiri kita berharaf orang lain akan mengikutinya.
  4. Carilah sumber-sumber rejeki yang baik dan halal. Tentu rejeki ini yang tidak diharamkan oleh Allah SWT. Kadang kita merasa bahwa apa yang kita terima halal dan berkah karena kita merasa telah bekerja dengan baik dan mengikuti aturan-aturan yang ditentukan tapi kadang kita lupa bahwa sebagian dari tugas kita tidak kita kerjakan. Sebagai seorang guru misalnya, kita sadar dan tahu betul tupoksinya tetapi mungkin ada sebagian yang tidak kita kerjakan, nah..apakah kita masih menganggap bahwa sebagian dari gaji kita halal..?
  5. Pantang menyerah.  Pantang menyerah dalam kegagalan. Bila kegagalan menerpa kita anggaplah sebagai salah satu ujian yang akan menguatakan kita agar menjadi pribadi yang kuat. Pantang menyerah menjadikan kita menjadi pribadi yang tahan banting dan tidak cengeng dan suatu saat kegagalan tersebut akan menjadi ilmu yang berharga buat kita. Sebagian besar dari kita selalu takut akan kegagalan tanpa pernah mau mencobanya. Dalam hati kita kadang sudah tertanam dengan kuatnya ketakutan akan kegagalan sehingga takut melangkah dan mencoba hal-hal baru. Lihatlah seorang bayi yang dengan kerja kerasnya, pantang menyerah dari merangkak hingga bisa berjalan..dia terus berusaha sampai betul betul mampu berjalan. Kenapa bayi bisa selalu berhasil ? karena seorang bayi tidak pernah berfikir gagal, tidak pernah takut akan kegagalan....
  6. Rajin ibadah dan berdoa. Tentu kita tahu bahwa semua yang kita cari adalah milik-Nya. Semua atas kehendak dan kekuasaan-Nya. Sukses atau tidaknya kita bekerja akan sangat tergantung juga dengan yang di atas. Allah SWT maha berkehendak meskipun secara matematis telah kita hitung dengan benar dan akan berhasil tapi kadang Allah SWT punya rencana lain. Maka dari itu marilah sebelum dan sesudah bekerja berdoalah kepada-Nya agar kita diberikan rahmat dan keberkahan dari rejeki kita. Jadilah manusia yang selalu bersyukur atas nikmat yang telah diberikan (Berbagai sumber : Hidayah, Maret 2011).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar